Pencarian

Minggu, 26 Februari 2012

Peserta UKA 2012, 286 Ribu Guru


4 Votes
Kegiatan uji kompetensi awal bagi para guru yang telah memenuhi syarat akan dilaksanakan serentak pada 25 Februari 2012 dipusatkan di kabupaten kota seluruh Indonesia. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) akan mengkoordinasikan bersama dengan Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) dan Dinas Pendidikan di kabupaten/kota.
Menurut berita http://www.kemdiknas.go.id/, uji kompetensi awal 2012 ini diikuti oleh sebanyak 286 ribu peserta.
UKA dilaksanakan untuk memastikan profesionalitas guru sebelum masuk proses sertifikasi. Upaya ini dilakukan untuk mengetahui secara persis guru yang akan mendapatkan sertifikasi. Dilihat dari kompetensi dasarnya apakah sudah memenuhi syarat sebagai tanggung jawab profesi. Dengan uji kompetensi awal, nantinya di dalam proses PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) itu bisa dilakukan secara efektif karena sudah tahu petanya.
Kelulusan UKA
Kelulusan UKA direncanakan diumumkan pada 18 Maret 2012. Bagi guru yang tidak lulus,  diberikan pendampingan dan pelatihan untuk perbaikan kompetensi guru.
Mendikbud menjelaskan, uji kompetensi awal dilakukan bukan untuk mempersulit, tetapi memastikan peserta didik tidak diajar oleh guru-guru yang tidak kompeten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar